Jumat, 16 Juli 2010

Reaksi Jangkar

Pada saat mempelajari motor DC, muncul istilah yang kurang bisa aku mengerti. Terdengar seperti istilah yang dulu waktu masa kuliah listrik elektronika pernah aku pelajari tetapi belum aku fahami. Istilah yang aku maksudkan adalah "Reaksi Jangkar". Pada saat membuka beberapa artikel mengenai motor DC muncul istilah tersebut, yang merupakan salah satu komponen yang dianalisa kalau kita menganalisa unjuk kerja motor DC.

Setelah penasaran dan ternyata tidak ada buku ayang aku punya yang membahas mengenai istilah reaksi jangkar, trus aku tanya ke ensiklopedi maya (Google.com maksud saya.penj). Didalam kotak pencarian aku ketikkan "reaksi jangkar", muncullah beberapa cuplikan artikel yang didalam kalimatnya memuat istilah reasi jangkar. Tetapi aku makin bingung saat keluar istilah disamping kata reaksi jangkar yakni rangkaian jangkar. Jadi teringat dalam sebuah pembahasan yang memodelkan motor DC yang salah satu pemodelnya adalah resistensi jangkar. Padahal, asumsi awal yang aku miliki bahwa reaksi jangkar adalah suatu istilah saja yang tidak ada kaitannya dengan sesuatu. Karena penasaran, aku buka "New Tab" buka lagi halaman google untuk mencari kata rangkaian jangkar. Karena ndak mudeng dengan penjelasan yang disampaikan lagian artikel yang disajikan kurang spesifik membahas mengenai rangkaian jangkar, akhirnya aku nyerah dengan mencari istilah itu didalam pencarian gambar. Setelah mendapat gambar ini aku baru mengerti ternyata yang dimaksud dengan kumparan jangkar adalah lilitan tembaga yang berada di rotor. ini gambar yang membuat aku mendapat satu pegetahuan baru.


Ternyata yang dimaksud dengan rangkaian jangkar adalah kumparan yang melilit sepanjang rotor.






Ternyata generator ama motor itu beda ya..............!
Kudu belajar lagi dulu.......................

1 komentar: